Selasa, Agustus 04, 2009

SHIFT REGISTER (REGISTER GESER)

Register geser (shift register) merupakan salah satu piranti fungsional yang banyak digunakan dalam sistem digital. Tampilan pada layar kalkulator dimana angka bergeser ke kiri setiap kali ada angka baru yang diinputkan menggambarkan karakteristik register geser tersebut. Register geser ini terbangun dari flip-flop. Register geser dapat digunakan sebagai memori sementara, dan data yang tersimpan didalamnya dapat digeser ke kiri atau ke kanan. Register geser juga dapat digunakan untuk mengubah data seri ke paralel atau data paralel ke seri.


Register Geser Beban Seri

Suatu register geser 4 bit sederhana diilustrasikan pada gambar di bawah ini



Diagram Logika Shift Register Beban Seri 4 bit

Untuk model diagram logika diatas, kita harus memasukkan data pulsa ke J FF1, yang akan digeser hingga FF4. Bila diinginkan suatu data yang terus berputar, dipakailah Ring Counter. Pada prinsipnya sama dengan register geser biasa, hanya outputnya diumpanbalikkan ke input sehingga terjadi siklus yang terus menerus.


Perhatikan pengunaan empat flip-flop JK sebagai flip-flop D pada rangkaian tersebut. Bit data (0 dan 1) dimasukkan ke dalam input J dari FF1. Input reset/clear akan mereset semua flipflop ke logika 0 bila di aktifkan dengan level Low. Pulsa pada input clock akan menggeser data dari input data seri ke posisi A(Q dari FF1). Indikator (A, B, C, D) menunjukkan isi masing-masing flip-flop.


Kalau diasumsikan semua flip-flop semuanya direset (Q=0), maka output akan menjadi 0000. Beri logika 1 pada input prereset dan pada input data. Kita berikan satu pulsa pada input clock. Maka output akan menunjukkan 1000 (A=1, B=0, C=0, D=0). Kita masukkan sekarang logika 0 pada input data. Setelah diberi pulsa clock lagi, output akan menunjukkan 0100. Hal ini menunjukkan terjadinya penggeseran data secara serial. Begitu seterusnya.


Register geser terkendali dapat menyimpan data lebih besar dari 1 bit,dalam hal ini 4 bit, tetapi register tersebut hanya dapat menyimpan saja sederetan data-data biner,ytanpa mampu mngendalikannya.Denagan mengembangakan suatu rancangan yang lebih baik,dapat dibangun suatu register buffer yang dilengkapai dengan sinyal kendali


0 komentar: